Tahukah Kamu, Resesi Dapat Di atasi oleh ChatGPT

Tahukah Kamu, Resesi Dapat Di atasi oleh ChatGPT

Tahun 2023 memang diproyeksikan akan menjadi tahun gelap bagi dunia akibat resesi yang mengancam. Pada awal bulan di 2023 ini, masyarakat dibayangi ketakutan akibat pasar berfluktuasi, inflasi meningkat, investasi melambat, dan ketidakpastian ekonomi global.

Baca selengkapnya : Waspada Resesi tahun 2023

Namun, meskipun tahun 2023 diproyeksikan akan mengalami resesi yang mengakibatkan perekonomian semakin sulit ada sebuah inovasi teknologi yang memiliki kecepatan tinggi, yaitu ChatGPT yang menjadi sebuah resolusi baru.

Mengenal ChatGPT

ChatGPT merupakan sebuah alat teknologi berbentuk robot percakapan (chatbot) berbasis artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang bisa melakukan interaksi layaknya seperti manusia.

ChatGPT sendiri merupakan singkatan dari Generative Pre-trained Transformer yang merujuk dari kemampuan teknologi yang bisa untuk menghasilkan berbagai ide yang lebih kompleks.

Alat teknologi ini dibuat oleh perusahaan OpenAI yang merupakan perusahaan kecerdasan buatan dan didirikan oleh Elon Musk tahun 2015 lalu.

ChatGPT ini seperti halnya dengan pencarian Google yang digunakan sebagai alat untuk mendapatkan berbagai informasi di seluruh dunia.
Kenapa ChatGPT bisa mengatasi resesi?

Sebuah Revolusi Baru

Jelas terlihat, kita sudah berada di tahap awal revolusi teknologi, revolusi yang setara (dan mungkin lebih besar) dengan smartphone (sekitar 2010) atau internet (sekitar 1990).

Cara kita bekerja, profesi yang kita pegang, dan sebenarnya seluruh cara berpikir kita tentang berbisnis telah berubah. AI menjadi bagian integral dari setiap produk, dan setiap proses kerja.

Dengan melihat ke masa depan dari apa yang sudah terjadi sekarang, kita dapat mulai melihat dampak sebenarnya dari revolusi. AI membuat penjelajahan ide dan mengujinya jauh lebih mudah, akan sulit bagi generasi akan datang untuk membayangkan ide-ide baru tanpa menggunakan model AI, sama seperti sulitnya bagi kita saat ini untuk memeriksa fakta tanpa mengeluarkan ponsel dari saku dan mencari di internet.

Pertumbuhan Ekonomi yang Tak Tertandingi

Pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan oleh revolusi teknologi akan berdampak besar pada semua industri dan pasar. Kemampuan teknologi untuk menganalisis dan memproses data dalam jumlah besar dengan cepat dan akurat, serta menghasilkan konten baru, telah menunjukkan peningkatan efisiensi dan produktivitas di berbagai bidang.

Salah satu cara utama ChatGPT diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi adalah dengan mengotomatiskan banyak tugas berulang dan memakan waktu yang saat ini dilakukan oleh manusia.

Hal tersebut akan membebaskan pekerja manusia untuk fokus pada tugas yang lebih kompleks dan bernilai tambah serta meningkatkan produktivitas. Dengan kata lain pekerjaan akan berubah, dengan keterampilan teknik yang cepat menjadi dasar "Excel dan Word" baru dari keahlian yang diharapkan.

Inovasi Tak Tertandingi

Kemampuan teknologi ChatGPT untuk menganalisis data dalam jumlah besar dan mengidentifikasi pola dan tren yang sulit dideteksi oleh manusia, berpotensi menghasilkan wawasan dan inovasi baru di berbagai bidang, mendorong inovasi lebih lanjut dan pertumbuhan ekonomi.

Akibat perekonomian yang melambat merupakan permasalahan utama pada saat ini. Dengan inovasi dari teknologi ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan dalam ekonomi.

ChatGPT dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi

a. Alat ini dapat mengurangi risiko kesalahan manusia, yang menyebabkan lebih sedikit kesalahan dan penurunan biaya yang akan berdampak pada bidang seperti keuangan dan perawatan kesehatan, di mana biaya kesalahan seringkali tinggi.

b. Meningkatnya penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, seperti di mobil self-driving, perangkat rumah pintar, dan asisten pribadi yang cerdas, juga cenderung mendorong pertumbuhan ekonomi, dengan efisiensi rutinitas sehari-hari.

c. Dengan adanya teknologi dapat menciptakan pasar dan peluang baru untuk bisnis, yang mengarah pada peningkatan konsumsi dan pertumbuhan ekonomi.

Posting Komentar untuk "Tahukah Kamu, Resesi Dapat Di atasi oleh ChatGPT "