Jack Ma Menyerahkan Kendali atas Ant Group

Jack Ma Menyerahkan Kendali atas Ant Group
Sumber: engadget.com

Jack Ma, seorang miliarder Cina, menyerahkan kendali atas Ant Group, pemilik Alipay. The Wall Street Journal melaporkan bahwa Ant Group, sebuah perusahaan milik Alibaba, mengatakan akan mengakhiri perjanjian yang memungkinkan Ma mendominasi struktur tata kelola perusahaan Ant Group. Meskipun pengusaha yang blak-blakan ini tidak berpartisipasi dalam operasi sehari-hari atau duduk di dewan direksi perusahaan, dia sebelumnya memegang lebih dari 50% hak suara Ant. Melalui beberapa sarana investasi dengan gabungan 50,5 persen saham di raksasa fintech itu, Ma memengaruhi Ant Group.

Ant mengatakan bahwa Ma, sembilan eksekutif dan karyawan perusahaan lainnya akan memiliki hak suara yang telah mereka setujui untuk digunakan secara independen. Saat Ant Group mengimplementasikan perubahan yang diumumkan akhir pekan lalu, Reuters memproyeksikan bahwa Ma akan memiliki 6,2% saham perusahaan.

Ma menarik kemarahan otoritas China pada tahun 2020 ketika dia menyebut bank-bank negara itu sebagai "pegadaian milik negara" dalam pidatonya di Shanghai tak lama sebelum Ant dijadwalkan untuk mengadakan penawaran umum perdana yang diperkirakan akan mengumpulkan rekor $34 miliar. 

Jack Ma Menyerahkan Kendali atas Ant Group
Ant Group di China
Ant diperintahkan untuk mengurangi ukuran bisnisnya dan IPO yang akan datang diblokir oleh regulator China. Secara khusus, pesanan tersebut mengharuskan bisnis untuk kembali ke asalnya sebagai pemroses pembayaran. Menyusul penyelidikan antimonopoli atas dugaan praktik monopoli perusahaan setahun kemudian, pihak berwenang menilai Alibaba, bisnis Ma yang lain, didenda sebesar $2,8 miliar. Sejak itu, Ma menjauh dari pandangan publik.

Pengumuman hari Sabtu dari Ant Group menyatakan bahwa Tuan Ma tidak lagi menjadi "orang pengendali", yang memegang 34% saham perusahaan. Sebaliknya, dia akan menjadi salah satu dari sepuluh pemegang saham utama.

Pengumuman tersebut mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan bagian dari rencana untuk "mengoptimalkan tata kelola perusahaan." Ia juga mengatakan bahwa perubahan tersebut tidak akan memengaruhi operasi perusahaan sehari-hari dan tidak mengatakan kapan akan selesai. Tuan Ma tidak memegang posisi manajemen di bawah struktur tata kelola Ant Group saat ini.

Dampak kepergian Tuan Ma dari Ant Group terhadap rencana raksasa fintech untuk melanjutkan penawaran umum perdananya tidak segera mendapat kejelasan. Namun, persyaratan untuk mendaftar kemungkinan akan tertunda. Setelah perubahan kepemilikan, bursa efek Hong Kong membutuhkan masa tunggu satu tahun; Sebaliknya, pasar lain membutuhkan waktu dua atau tiga tahun.

Posting Komentar untuk "Jack Ma Menyerahkan Kendali atas Ant Group"