Manfaat Analisis Rasio Keuangan Bagi Bisnis, Pemula Wajib Tahu!

 Manfaat analisis rasio keuangan

Freepik.com

Perlu diketahui, terdapat salah satu unsur penting yang digunakan untuk mengetahui kesehatan keuangan suatu perusahaan, yakni analisis rasio keuangan. Analisis rasio keuangan merupakan sebuah analisis secara kuantitatif yang nantinya digunakan untuk mengevaluasi beberapa aspek kinerja finansial perusahaan. Maka dari itu, terdapat beberapa manfaat analisis rasio keuangan yang wajib Anda ketahui.

Analisis tersebut dilakukan dengan cara membandingkan nominal pada laporan keuangan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui posisi keuangan serta menilai kinerja atau performa manajemen selama periode tertentu dalam menjalankan perusahaan.

Selain itu, analisis di atas juga memudahkan para investor melihat kinerja keuangan perusahaan secara real time. Tentunya, jika laporan keuangan perusahaan baik dan tidak ada yang bisa, maka investor akan senang dan terus melakukan investasi, begitu pula sebaliknya.

Dengan begitu, Anda perlu mengetahui beberapa manfaat analisis rasio keuangan bagi bisnis yang sedang dijalankan. Berikut pembahasannya dengan jelas!

Manfaat Analisis Rasio Keuangan bagi Bisnis

1. Membantu menganalisis kinerja perusahaan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu unsur utama dan penting dalam perusahaan adalah analisis keuangannya. Hal ini dikarenakan, analisis tersebut digunakan untuk mengetahui perkembangan keuangan perusahaan. Perusahaan bisa mengukur sejauh mana mereka telah mencapai tujuan keuangan yang direncanakan atau targetkan. Melalui alat analisis ini, perusahaan bisa mengevaluasi seberapa baik manajemen dalam mengelola aset dan liabilitas.

2. Monitoring perkembangan bisnis sesuai periode

Sebuah bisnis, pasti menginginkan untuk bisa berkembang lebih pesat dan terus berkelanjutan dengan menghadirkan berbagai inovasi baru. Melalui analisis rasio keuangan, perusahaan bisa memantau perkembangan bisnis dari waktu ke waktu. Artinya, mereka bisa melihat bagaimana kinerja keuangan selama beberapa periode tertentu. Di mana, dapat membantu untuk membuat perencanaan jangka panjang yang berkelanjutan.

3. Membantu mengambil keputusan yang strategis

Manfaat analisis rasio keuangan yang tidak kalah penting adalah bisa membantu mengambil keputusan yang strategis. Hal ini dikarenakan, perusahaan telah memahami beberapa rasio seperti Return on INvestment (ROI) dan Return on Equity (ROE). Dengan begitu, perusahaan bisa menentukan apakah proyek atau investasi tertentu layak untuk dilanjutkan atau tidak. 

4. Menjaga transparansi laporan keuangan

Selanjutnya, perusahaan bisa menjaga transparansi laporan keuangan melalui hasil analisis rasio. Di mana, analisis ini akan memberikan hasil yang transparan dan akuntabel dalam hal keuangan. Apalagi, keuangan menjadi unsur penting dalam sebuah perusahaan karena menentukan semua aspek di dalamnya. Dengan begitu, dapat membantu untuk memenuhi syarat regulasi dan memberikan kepercayaan kepada investor, pelanggan, serta pihak tertentu.

5. Menarik investor

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, di mana salah satu manfaat analisis rasio keuangan adalah dapat membantu untuk menarik investor. Hal ini berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan yang transparan dan akuntabel. Tentunya, para investor atau pemegang saham akan lebih percaya dengan perusahaan dan terus melakukan investasi. Terlebih lagi, investasi menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan keuangan perusahaan.

Jenis-Jenis Analisis Rasio Keuangan

1. Rasio Likuiditas

Jenis analisis rasio keuangan pertama adalah rasio likuiditas. Rasio likuiditas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban keuangan untuk jangka pendek.

2. Rasio Profitabilitas

Kedua, ada rasio profitabilitas yang berfungsi untuk menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan profit atau keuntungan. Jenis rasio ini, bisa digunakan untuk mengetahui kelangsungan hidup perusahaan.

3. Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas merupakan jenis analisis yang ditujukan untuk mengukur tingkat pengelolaan sumber daya uang dan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka panjang.

4. Rasio Aktivitas

Perusahaan juga harus bisa mengukur seberapa efektif dalam menggunakan semua sumber dayanya untuk menjalankan bisnis yang disebut sebagai rasio aktivitas. Melalui analisis rasio ini, setiap aktivitas yang rendah dalam tingkat penjualan tertentu dan menghasilkan banyak dana untuk diinvestasikan sebagai aset.

5. Rasio Investasi

Terakhir, ada rasio investasi yang merupakan alat untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memberikan imbalan kepada investor atau pihak tertentu.

Penutup

Menjalankan sebuah bisnis, perlu dipahami beberapa hal yang berfungsi untuk menunjang keberlangsungannya. Salah satunya yaitu analisis rasio keuangan bisnis. Di mana, terdapat beberapa manfaat analisis rasio keuangan yang bisa membantu memberikan profit hingga keberlanjutan usahanya. Analisis rasio ini tidak bisa disepelekan karena menjadi unsur paling vital dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu, wajib untuk memahami dan melaksanakannya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Analisis Rasio Keuangan Bagi Bisnis, Pemula Wajib Tahu!"